Seminar Keluarga – Strong Family, Strong Nation

seminar-keluarga

YASKI dan Heartline FM peduli terhadap keluarga yang kuat dan bangsa yang kuat. Karena itulah pada hari Sabtu, 4 Juni 2016 yang lalu kami menyelenggarakan seminar keluarga dengan tema Strong Family, Strong Nation” di Gedung Heartline Center, Lippo Karawaci. Seminar ini menghadirkan 5 pembicara yang sangat ahli dibidangnya yaitu Ibu Melly Kiong (Peraih rekor MURI dari buku ‘Siapa Bilang Ibu Bekerja Tidak Bisa Mendidik Anak’), Dr. dr. Dwijo Saputro, SpKJ. (Fasilitator  Nasional Transformasi Keluarga Indonesia, founder Smart Kids Clinic), Dr. Kristoforus Hendra Djaya, SpPD. (CEO In Harmony Clinic, Internist, Vaccinologist), Ibu Nyimas Diane W., S.Psi. (Parenting Motivational Speaker, Pemerhati perkembangan anak) dan Ibu Ellen Patricia, MA (Counseling), CLC (Direktur Yayasan Busur Emas). Tercatat hampir 100 peserta hadir dalam kesempatan kali ini.

Seminar ini membahas beragam topik menarik seperti:

  1. Mindful Parenting, mengajak para orang tua dapat berempati kepada anak-anaknya. Mencoba untuk berada diposisi anak karena dulu orang tua pernah mengalaminya, tetapi jangan meminta anak berada diposisi orang tua karena mereka belum pernah mengalaminya.
  2. Prevent, membahas tentang pentingnya sebuah pencegahan. Pencegahan adalah suatu tindakan yang perlu diperjuangkan, bukan didapatkan Dalam pencegahan yang terpenting adalah prosesnya, bukan sekedar hasilnya.
  3. Love at home, berbicara mengenai arti cinta dalam sebuah keluarga. Kasih berawal dari keluarga. Dikeluargalah seseorang pertama kali mengalami cinta dan juga luka.
    “Cinta dimulai di keluarga (rumah), hal ini bukanlah berapa banyak yang kita lakukan di rumah, namun seberapa banyak cinta yang ditempatkan di dalam setiap tindakan.” (Mother Teresa)
  1. Revolusi Mental, yakni suatu perubahan pikiran/jiwa secara mendasar dan dilakukan secara cepat. Sebuah revolusi mental berawal dari keluarga dan berbasis Pancasila.
  2. Digital Parenting, melakukan pengasuhan kepada anak-anak di era digital. Pola asuh anak yang sangat tepat pada masa ini adalah pola asuh Aunthoritative, yaitu menyeimbangkan antara support dan control.

Segenap kru YASKI dan Heartline Karawaci 100.6 FM berharap dapat terus menjadi berkat bagi para pendengar, baik melalui program siaran maupun acara-acara off air yang bermanfaat.