Kuat Berjalan Bersama TUHAN

Pdm Mardiana (surat Kalbar)
handika-kurnia2“Nama saya Pdm. Mardiana. Saya melayani di pedalaman Desa Balida, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat. Pelayanan saya tertuju pada jiwa-jiwa yang masih menyembah berhala. Kondisi penduduk di Balida sangat miskin, kekurangan makan dan minum, apalagi pakaian. Balai pengobatan dan pendidikan bagi anak usia sekolah, sangat kurang. Setahu saya tidak ada PAUD, dan anak-anak sedikit sekali yang mampu menyelesaikan sekolahnya di SD negeri, terlebih lagi yang sampai lulus SMA. Keadaan ekonomi saya sebagai gembala pembina atau pembimbing, juga sama miskinnya seperti jemaat di sini.
Saya pernah menjadi buruh di perkebunan sawit. Sebagai tenaga kerja lepas, tugas saya menggali parit dan meratakan jalan untuk mobil truk pengangkut buah sawit. Satu hari berkerja saya mendapat upah dua puluh lima ribu rupiah. Uang itulah yang saya cukupkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saya membeli beras bulog seharga lima ribu rupiah per kilogram. Tetapi berasnya sudah rusak keadaannya, berkutu dan berdebu.
Untuk lauk, saya memasak daun pepaya. Kadang saya juga memasak daun karet muda. Itulah lauk makanan kami sehari-hari. Jika hari itu masih tersisa, saya simpan lagi untuk persediaan makan esok hari. Kalau masih ada sisa, saya simpan lagi. Sampai nasi dan lauk yang sudah berlendir karena basi, tetap saya makan karena sayang jika dibuang.
Berkerja menjadi buruh membuat saya tidak tahan dan sakit-sakitan. Akhirnya saya berhenti menjadi buruh kasar. Saya berusaha mandiri dengan usaha berternak ayam.
Saat ini untuk mencapai tempat pelayanan, saya harus berjalan sejauh 25 kilo meter. Saya tidak keberatan berjalan sejauh itu. Selama saya masih diberi kesehatan, saya tetap melayani. Saya tidak memikirkan apakah hari ini saya bisa makan, selama Tuhan masih memelihara dan memberi nafas kehidupan, saya tetap akan menyampaikan kebenaran Firman Tuhan. Inilah kesaksian saya, yang saya tulis supaya banyak orang tetap semangat dalam mengiring dan melakukan pekerjaan Tuhan.
Tuhan Yesus memberkati. (A/O/SA)